Minggu, 28 April 2013

Cara Merawat Burung dengan Benar - Burung kenari



Cara Merawat Burung dengan Benar - Burung kenari

27 Des 2012
27 Des 2012
Cara Merawat Burung dengan Benar - Cara Memelihara Burung - Kicau Burung Kenari - Kali ini Maestro akan membahas tentang Cara Merawat Burung dengan Benar, sebagai pecinta Burung pasti tau dengan Burung kenari, nah kali ini akan membahas Cara Merawat Burung dengan Benar yaitu burung Kenari.

Burung Kenari

Burung Kenari adalah burung penyanyi yangsangat banyak penggemarnya. Memiliki variasiwarna yang beragam dan kombinasi warnayang unik. Merawat burung Kenari sangatlahmudah dan menyenangkan.

KARAKTER DASAR BURUNG KENARI
 1.Mudah beradaptasi
, burung ini sangat mudahmenyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
2.Penyanyi dan petarung.
Apabila mendengar suaraburung kenari lain atau melihat burung sejenis, makasemangat tempurnya langsung berkobar.
3.Birahi yang cenderung mudah naik.
Burung inisangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yangdapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini.Variasi pakan yang kurang tepat, penjemuran yangberlebih atau melihat burung Kenari betina dapatdengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
4.Mudah jinak.
Karena kemampuan beradaptasinyayang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepadamanusia.5.
Tidak mudah stress.
Burung jenis ini sudah ratusantahun ditangkarkan oleh manusia.


 PEMILIHAN BAHAN BURUNG KENARI YANG BAIK
 Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalampemilihan bahan atau bakalan pada burung Kenari

Berkelamin jantan
, ciri-ciri burung Kenari jantan dapat dilihat bentuk tubuh yang serasi, mengeluarkansuara cuit yang lebih nyaring dan keras. Pilihlah kenari jantan yang memiliki vent lebih besar dan panjang.

Bentuk paruh
, sebaiknya pilih bentuk paruh yangberpangkal lebar, tebal, besar dan panjang.
Kepala berbentuk kotak.
Ini menandakan burung inimempunyai mental tempur yang baik.

Postur badan
, pilihlah bahan yang berpostur sedangdengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yangserasi. Jangan memilih bahan yang berleher danberbadan pendek.

Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat
,ini menandakan bahan tersebut sehat. Pilihlah Kakiyang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidakberpengaruh terhadap mental burung.

Lincah dan dan bernafsu makan besar
.Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
Leher panjang padat berisi
.Menandakan burung ini akan mengeluarkan powersuara secara maksimal.

MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG KENARI


Bijian Mix.
Pakan utama burung ini adalah CanarySeed. Tetapi kita dapat memberikan biji-bijian yangtelah dicampur yang banyak dijual dipasaran.

Sayuran dan buah-buahan.
Burung Kenari sangatmenggemari sayur dan buah-buahan seperti: daunselada, daun sawi, gambas, mentimun, paprica, wortel,buah apel, buah pir, jagung muda.
Telur dan Kroto.
Pada kondisi tertentu, kedua pakanini sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan,vitalitas fungsi-fungsi organ burung Kenari.

Asinan.
Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burungini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Dapatdiberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhankalsium yang dibutuhkan.
Roti kering.
Disamping menggemari pakan-pakandiatas, burung Kenari juga menyukai roti kering (janganberikan roti kering yang memiliki kandungan garamdan gula yang tinggi).

PERAWATAN DAN STELAN HARIAN

 Perawatan harian untuk burung Kenari relatif sama denganburung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatanharian yaitu rutin dan konsisten.Berikut ini Pola Perawatan harian dan Stelan Harian untukburung Kenari:1. Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam07.30 burung dimandikan (karamba mandi atausemprot, tergantung pada kebiasaan masing-masingburung)2. Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkanPakan dan Air Minum. Berikan Sayuran segar atauBuah.3. Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulaipukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknyaburung tidak melihat burung sejenis.4. Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burungtersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkardikerodong.5. Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burungdapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.6. Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras,boleh dimandikan bila perlu.7. Kontrol Pakan, Air Minum, Sayuran dan Buah. Jam18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagiharinya.

PENTING
Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2xseminggu.
Telur Puyuh dapat diberikan 2x seminggu.

Variasi pemberian sayuran segar dan buah-buahanadalah kunci keberhasilan dalam perawatan burungkenari.


Asinan harus selalu tersedia didalam sangkar.


Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.

Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minumseminggu sekali saja.
PENANGANAN APABILA KONDISINYA OVER BIRAHI


Berikan Mentimun selama 2 hari berturut-turut


Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore


Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/harisaja


Waktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama

PENANGANAN APABILA KONDISINYA DROP

Berikan buah Apel 4 hari berturut-turut


Perbanyak campuran Lin Seed, Niger Seed dan bijiFumayin pada pakan bijiannya.


Tingkatkan porsi pemberian Kroto menjadi 3xseminggu


Mandi dibuat 2 hari sekali saja


Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung Kenari lain dahulu

Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari

PERAWATAN DAN STELAN UNTUK LOMBA

Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda denganperawatan harian.Tujuan perawatan pada tahap ini yaitumempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yangdiinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kuncikeberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakterdasar masing-masing burung.Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burungKenari:1. H-3 sebelum lomba, berikan buah Apel diselingi Kroto.2. H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemurmaksimal 30 menit saja.3. 1 Jam sebelum di gantang lomba, berikan burung TelurPuyuh.

PENTING


Sebaiknya, mulai H-6 burung diisolasi. Jangan sampaimelihat dan mendengar suara burung Kenari lain.

PERAWATAN DAN STELAN PASCA LOMBA

 Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkanstamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan pasca Lomba untukburung Kenari:
1. Perawatan dan Stelan pakan dikembalikan ke StelanHarian.


2. Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 setelahLomba.
3.Sampai H+3 setelah Lomba,penjemuran maksimal 30menit saja.

 PERAWATAN DAN STELAN PADA MASA MABUNG

Mabung (Moulting) atau rontok bulu merupakan siklus alamiahpada keluarga burung. Perawatan burung pada masa mabungadalah menjadi hal yang sangat penting, karena apabilaperawatan yang salah pada masa ini akan membuat burungmenjadi rusak. Pada masa mabung ini,metabolisme tubuhburung meningkat hampir 40% dari kondisi normal.Oleh karena itu, burung butuh asupan nutrisi yang berkualitasbaik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal Hindarimempertemukanburung dengan burung sejenis, karena akanmembuat proses mabung menjadi terganggu. Dampak dari iniadalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung.Proses mabung juga berhubungan dengan hormonreproduksi.Berikut ini Pola Perawatan masa mabung:
1. Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalulintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalamkondisi dikerodong.
2. Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30menit/hari
3. Pemberian porsi pakan tambahan diberikan lebihbanyak karena sangat diperlukan untuk pembentukansel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru.Misalnya: Tambahkan biji Niger Seed,variasikanpemberian sayuran segar dan buah.

4. Berikan Multivitamin yang berkualitas yang dicampur diair minum 2x seminggu.
5. Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burunglebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilahsaat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuaidengan yang kita inginkan. Lakukan pemasterandengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suaraburung dengan suara burung master.
27 Des 2012
27 Des 2012
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Mungkin Anda Juga Meminati :

jual baju anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar