Jumat, 01 Februari 2013

Dinamika Ternak Kenari

proses selanjutnya tahap penjodohan dan proses perawatan harian…. seminggu sejak penempatan di kandang ternak baru hasilnya mulai terlihat…. beberapa kenari mulai mengap-mengap dan beberapa ekor mengkeret …. hati mulai was-was karena satu persatu kenari mulai sakit parah…. Untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit beberapa kenari saya coba ungsikan ke tempat semula (kandang ternak lama). Kenari yang sakit coba di tanggulangi dengan diberi obat napas….
Sambil mengobati kenari yang sakit saya coba telusuri penyebabnya ….  kesimpulan sementara kandang ternak kurang nyaman buat ternak kenari…. pada siang hari suhu ruangan panas dan pada malam hari angin di ruangan cukup kencang ….. sehingga banyak kenari yang masuk angin… Berhubung telat mengantisifasi sebagian besar kenari pindah alam…


Kejadian diatas membuat kesal, was-was melihat kenari yang satu persatu berguguran pindah alam dan yang terparah membuat saya malas merawat dan mengobatinya…. beruntung saya masih punya temen-temen yang menyemangati …. jadi walaupun sambil malas-malasan saya masih berusaha menanggulangi kendala yang saya hadapi…….
Inti dari permasalahannya adalah pada saat pembuatan kandang saya tidak mengontrol/meneliti suhu lingkungan (suhu lingkungan kandang ternak), tidak memperhatikan keamanan kenari dari gangguan serangga dan tikus, dan yang paling utama saya tidak memperhitungkan kemampuan  saya dalam mengelola kandang…..
Suhu ruangan yang kondusif untuk ternak kenari adalah antara 23°C s/d  27°C. Di Jakarta untuk mendapatkan suhu yang ideal agak sulit karena memang daerahnya panas, untuk menanggulangi agar ruangan tidak panas harus banyak bukaan (ventilasi). Dengan banyak ventilasi diharapkan udara sekitar ruangan kandang ternak mengalir dan udara ruangan cepat tergantikan sehingga suhu ruangan lebih adem. Dalam menentukan posisi ventilasi juga harus hati-hati jangan sampai angin menghembus langsung ke arah kandang ternak … Agar ternak kenari berjalan lancar kenyamanan sekitar kandang harus di perhatikan, kenari harus dilindungan dari gangguan cuaca, gangguan serangga dan gangguan pemangsa lainnya.
Faktor paling utama dalam beternak kenari adalah kemampuan kita dalam mengelola kandang ternak. Kandang ternak harus terpelihara kebersihannya dan kenari terawat dengan baik. Kita sebagai peternak harus bisa mengukur kemampuan seberapa banyak kenari yang bisa dikelola…. terutama bagi peternak yang belum fokus di ternak kenari…… Karena ketika jumlah kenari yang dipelihara diluar kemampuan kita (kebanyakan) akibatnya membuat kita kecapaian sendiri…. Akibat lanjutannya banyak kenari yang lepas kontrol dan kebersihan kandang terbengkalai. Selanjutnya dan selanjutnya lagi tunggulah waktunya bom meledak seperti yang saya alami saat ini hampir tiap hari harus menguburkan kenari…. Lho kok malah curhat yach hehe…… btw saya bukan menakut-nakuti hanya ingin sharing saja bahwa ternak kenari harus penuh kewaspadaan, setiap proses akan menemui kendala dan proses menyelesaikan kendala inilah yang membuat diri kita dinamis…..
Proses Pembuatan kandang ternak
About these ads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar