Jumat, 01 Februari 2013

Mastering Burung Kenari

Mastering Burung Kenari

Selama ini saya banyak membahas mengenai ternak kenari, padahal dalam pengembangan kenari ini banyak bidang lain yang bisa kita lakukan dan peminatnya cukup banyak. Salah satu bidang yang cukup menjanjikan adalah mastering burung kenari..
Di tulisan-tulisan terdahulu saya telah menjelaskan mengenai pengelompokan hobis kenari, ada kelompok senang warna, suara ataupun body. Pekerjaan mastering kenari ditujukan pada kelompok hobis suara. Untuk burung kenari penyanyi impor kita mengenal Waterslager, Spanish Timbrado, Border atau German Hartz Roller dan masih banyak lagi. Semua jenis kenari diatas mempunyai pakem standard yang telah ditentukan, sehingga pada saat burung kenari tersebut berbunyi kita sebagai penggemar akan langsung mengenali jenis kenari tersebut tanpa harus melihat kenarinya.


Di Indonesia kenari jenis penyanyi belum ada standard-nya, di sini kenari penyanyi ini biasa disebut kenari isian dimana kenari dimaster (diisi) suara burung khas Indonesia seperti Ciblek, Gelatik Wingko(batu), manyar, branjangan atau bisa juga dimaster suara burung impor seperti Blackstroat, eldesanger atau Mozambique. Informasi terakhir untuk mastering kenari sudah menggunakan CD dengan suara yang mirip seperti suara burung aslinya. Mengenai mastering menggunakan suara master burung asli dengan menggunakan CD masih menjadi perdebatan.
Untuk saat ini burung isian khas Indonesia belum ada standar baku-nya hobis masih mengejar standard kuping juri… ketika ada kenari isian yang masuk juara maka suara dengan isian yang mirip sang juara menjadi rebutan, peternak berlomba-lomba untuk menghasilkan kenari dengan type suara mirip sang juara.
Menurut saya mastering kenari merupakan salah satu kegiatan yang cukup menjanjikan, buat rekan-rekan yang belum berhasil ternak kenari, bisa menekuni bidang ini. Sebagai gambaran kenari lokal dengan isian suara yang bagus harganya bisa diatas 750rb apalagi untuk kenari type besar seperti F1YS dengan suara isian full BT harganya bisa mencapai 1,5jt. Anda bisa bayangkan harga F1YS usia 1 bulan harganya 500 rb setelah dirawat selama 4 bulan harganya bisa mencapai diatas 1 juta wah sebuah usaha yang cukup menjanjikan hehe…
Saat ini saya sedang mencoba mastering beberapa kenari bahan dengan menggunakan kenari isian full BT, perlu rekan-rekan ketahui agar bisa sukses mastering lingkungan disekitar kita harus bebas dari suara burung kenari standar. Jika anda ingin memaster kenari dengan BT harus mencari BT dengan karakter suara tertentu sehingga suara BT bisa diserap kenari dengan baik…
Kenari dikenal mempunyai kemampuan merekam suara-suara tertentu dengan cepat, tetapi dia juga mempunyai keterbetasan sehingga tidak semua suara burung master dapat direkam dengan baik… Disini kita sebagai mastering harus tahu betul jenis suara burung yang mampu diterima dengan baik dan bisa dibawakan oleh kenari dengan baik. Mastering kenari bukan pekerjaan mudah kepiawaian kita dalam memix suara isian sangat menentukan dalam keberhasilan menciptakan suara unggulan.
Bagaimana kabar selanjutnya mengenai mastering kenari, nanti saya buat tulisan lanjutannya… atau ada diantara rekan-rekan yang mau sharing mengenai pengalaman mastering kenari silahkan dishare… kita coba belajar bersama-sama untuk kebaikan bersama…
About these ads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar