Jumat, 01 Februari 2013

Tujuan Beternak Burung Kenari

Sebagian besar hobis kicauan menganggap ternak kenari itu sangat mudah hanya segelintir orang yang merasakan betapa sulitnya beternak kenari . Itulah sebabnya kenapa saya menggeluti beternak kenari, seperti kita ketahui burung kenari hidup berdampingan  dengan manusia sudah lebih 1 abad  lamanya, burung kenari sudah terbiasa hidup di lingkungan manusia. Burung kenari bisa hidup dalam berbagai kondisi, pada saat beternak tidak perlu pengkondisian lingkungan ternak, tidak membutuhkan kandang ternak besar, tidak direpotkan oleh jenis makanannya dll.


Baiklah kita kembali ke permasalahan diawal jika tujuan beternak hanya untuk menghasilkan anak maka beternak kenari tidak akan berumur panjang kita akan cepat bosan karena kegiatan yang dilakukan monoton. Kita sebagai hobis kenari yang melek internet saya mengajak kenarimania agar beternak burung kenari menjadi kegiatan yang mengasikkan. Menghasilkan anak dalam beternak burung kenari hanya tujuan awal dari suatu mimpi yang maha besar, proses beternak tidak hanya kegiatan menyatukan jantan dengan betina, memberikan makanan setiap hari dan membersihkan kandang ternak, dalam proses beternak kita harus mempunyai tujuan untuk  menghasilkan jenis burung kenari yang lain dengan burung kenari yang sudah ada, hanya yang harus diingat tujuan jangan hanya dalam mimpi sebatas khayalan doang hehe…..
Ketika dalam beternak dilandasi dengan  tujuan yang jelas  maka beternak kenari akan semakin nikmat, dimana dalam beternak akan ada proses pembelajaran yang berkesinambungan dan pemutakhiran mengenai tujuan beternak burung kenari. Dengan adanya proses pembelajaran maka hasil ternaknya semakin berkembang dengan kualitas yang semakin meningkat. Dengan proses pemutakhiran tujuan ternak burung kenari maka semakin hari tujuan yang ditentukan semakin tinggi dan hasil akhirnya akan semakin baik. Dari proses mimpi, pembelajaran dan pemutahiran tujuan itulah yang menyebabkan lahirnya burung kenari jenis Gloster, Yorkshire, Waterslager dll.
Saya rasa point-point yang saya sebutkan diatas yaitu penentuan tujuan yang jelas, pembelajaran yang berkelanjutan dan pemutahiran tujuan tidak hanya diterapkan dalam beternak burung kenari saja tetapi bisa dilakukan pada kegiatan-kegiatan keseharian kita, yang perlu saya highlight untuk mencapai semua mimpi itu mulailah dari hal-hal yang termudah. Sebagai contoh sebagai hobis yang punya mimpi ingin beternak burung kenari Yorkshire tetapi dananya belum mencukupi,saya rasa tidak harus menunggu sampai dananya mencukupi, lebih baik dana yang ada dibelikan calon indukan sesuai dengan kemampuan. Dengan berjalannya waktu indukan yang kita beli bisa beranak pinak maka hasil penjualan anaknya bisa untuk membeli Yorkshire. Seperti om Uphay kemukakan mulai dari kenari local, meningkat F1YS dan terus meningkat. Keuntungannya memulai dengan kenari murah ketika ternak kita belum berhasil kerugiannya tidak terlalu besar
Hal yang lebih utama adalah dengan membeli indukan tahun ini kita mempunyai kesempatan untuk belajar cara perawatan dan pemeliharaan burung kenari. Sehingga jika tahun depan ada dana untuk membeli burung kenari Yorkshire, kita sudah punya pengalaman dalam perawatan burung kenari. Seperti pernah saya kemukakan bahwa burung kenari Yorkshire membutuhkan perawatan yang agak ekstra tidak seperti burung kenari lain karena burung kenari Yorkshire mempunyai ketahanan tubuh tidak sekuat kenari local. Demikian dulu sharing dari saya semoga bisa bermanfaat dan memberi inspirasi dalam beternak.
About these ads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar