Jumat, 01 Februari 2013

burung kenari RI

Saya coba melanjutkan pembahasan mengenai pemeliharaan kaki burung kenari, pada tulisan yang lalu saya membahas mengenai pemeliharaan sisik kaki burung kenari. Untuk saat ini saya akan sharing mengenai pemeliharaan kuku burung kenari. Dengan semakin bertambahnya umur burung kenari selain sisik kaki yang menebal kuku juga ikut bertambah panjang. Kuku yang panjang selain mengurangi ke indahan penampilan juga membuat burung kenari kerepotan karena daya cengkramnya berkurang, dan jika terbang ke ruji sangkar kadang-kadang kuku menyangkut.


Untuk mencegah agar kuku burung kenari tidak bertambah panjang ada 2 hal yang harus dilakukakan yaitu :
Satu dengan cara kuku burung kenari dipotong secara berkala. Adapun cara memotong kuku burung kenari yaitu burung kenari dipegang tangan kiri sedangkan tangan kanan memegang gunting, mengenai alat pemotong kuku terserah mau menggunakan gunting atau alat pemotong kuku (gunting khusus buat kuku), hanya yang harus diperhatikan adalah pada saat memotong kuku jangan sampai terlalu dekat atau malah memotong pembuluh darah. Jika sampai pembuluh darah terpotong akan kesulitan menghentikan pendarahannya. Untuk lebih jelas bisa lihat gambar.
Pada saat memotong kuku, jari burung kenari jangan sampai banyak bergerak, jika terlalu banyak bergerak dikhawatirkan malah terpotong jarinya. Usahakan memegang burung kenari pada saat memotong kuku terasa nyaman jangan terlalu kencang dan jangan terlalu longgar Jika terlalu kencang dikhawatirkan burung kenari tidak bisa bernapas, jika terlalu longgar takutnya kenari lepas. Bagaimana memegang burung kenari yang baik pada saat akan memotong kuku ?, peganglah burung kenari dengan nyaman, kepala burung kenari berada diantara jari telunjuk dan jari tengah atau kepala burung kenari berada diantara ibu jari dan telunjuk…. tergantung anda, mana yang paling nyaman. Biar jelas bisa melihat pada gambar.
Yang kedua yaitu tangkringan yang digunakan harus ada hamplasnya. Dengan menggunakan tangkringan yang ada hamplasnya diharapkan kenari bisa memelihara kuku-nya sendiri. Seperti kita ketahui burung-burung di alam bebas jarang terlihat kukunya memanjang, mungkin mereka punya cara tersendiri untuk memotong kuku-nya. Burung yang dipelihara didalam sangkar mempunyai fasilitas yang tersedia terbatas maka kita sebagai tuannya harus menyediakan alat untuk merawat kuku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar